PESONA RUPIAH DI BENUA ASIA PADA TAHUN 2016

Di tengah tantangan finansial global sebuah kabar baik menyapa Indonesia, mata uang rupiah tercatat sebagai salah satu mata uang dengan performa terbaik di ASIA sepanjang tahun 2016. Mata uang Garuda menguat lebih dari 2% terhadap dolar Amerika Serikat, apakah penyebab rupiah Indonesia kinclong sepanjang tahun lalu. dan mata uang mana sajakah yang paling perkasa menghadapi gejola ekonomi dunia ?

mata uang rupiah tercatat sebagai salah satu mata uang dengan peforma terbaik di asia

inilah beberapa mata uang yang tercata sebagai mata uang terbaik di benua Asia :

10. Peso Filipina
Peso Filipina di Asia menjadi mata uang yang memiliki performa terendah, karena bedara di posisi paling bawah. Peso Filipina memiliki nilai -5,15%, padahal peso Filipina ini pada kuartal ketiga dia mencatatkan pertumbuhan ekonomi yang sangat tinggi yaitu 7% – 8%. Dan itu terlihat tidak begitu kuat untuk memompa performa mata uang dari Peso Filipina sendiri, sehingga harus jatuh -5,15%

9. Ringgit Malaysia
Ringgit Malaysia berada pada posisi ke-9 dengan nilai -4,23%, Ringgit Malaysia memang saat ini tengah menggalami persoalan politik di dalam negeri dan sepanjang tahun sejak tahun 2015 Ringgit selalu didera dengan aksi koreksi dari tahun 2015 sampai tahun 2016 sehingga mencatatkan pelemahan -4,23%

8. Won Korea Selatan
Won Korea Selatan terkoreksi memiliki nilai -2,93%, ini sangat menarik melihat pelemahan pada mata uang Korea Selatan, karena Korea Selatan merupakan salah satu pusat industri teknologi. Jadi korporasi teknologi seperti dilihat ada beberapa perusahaan besar di Korea Selatan seperti : Samsung, LG dan banyak sekali perusahaan – perusahaan teknologi di negara tersebut, tetapi ternyata di korea selatan mata uang nya Won tidak mampu bertahan, karena harus tertekan -2,93% sepanjang tahun 2016 lalu. Memang performa perusahaan teknologi saat ini sedang menghadapi tantangan sepanjang tahun 2016, belum lagi nanti kalau pemerintah terpilih di amerika serikat yaitu Donald Trump, itu akan mengimplementasikan proteksi perdagangan maka perusahaan – perusahaan yang bukan berasal dari Amerika Serikat harus berjuang ekstra utama nya untuk yang berefalitas dengan perusahaan – perusahaan produk teknologi dari Amerika Serikat. Karena mereka akan menggalami Import, jadi ada Bea Import yang akan di tekankan oleh Pemerintah Amerika Serikat.

7. Rupe India
Rupe India juga menggalami koreksi -2,61%, dari Rupe India kita melihat India merupakan salah satu dengan performa ekonomi terbaik di dunia, tetapi ternyata mata uang Rupe tidak mampu bertahan karena tertekan -2,61%.

6. Dolar Singapura
Ini adalah negara tetangga terdekat Indonesia yang dikenal sebagai surga pajak ataupun juga yang memiliki Tax Heaven yang sangat dekat dengan Indonesia, Dolar Singapura juga saat ini menggalami pelemahan dengan nilai -1,96% seiring juga dengan beberapa waktu yang lalu pelemahan harga properti di Singapura juga menjadi salah satu sentimen yang sangat mempengatuhi ekonomi di negara Singapura tersebut

5. Dolar Hongkong
Dolar Hongkong masih menggalami koreksi meskipun tipis -0,07%, Hongkong juga merupakan salah satu perusahaan multi – multi nasional yang kerap melakukan transaksi dinegara ini namun ternyata Dolar hongkong harus terkoreksi -0,07%.

4. Baht Thailand
Baht Thailand menggalami pengguatan 0,79% sepanjang tahun 2016 lalu , karena negara Thailand sebelumnya menggalami perekonomian yang sangat stabil dan kehidupan masyarakatnya terjanjikan.

3. Dolar Taiwan
Dolar Taiwan menggalami apresiasi 2,10% sepanjang tahun lalu , Taiwan saat ini menggalami kemajuan pada perekonomian dan teknologi nya pada tahun 2016. pertumbuhan ekonomi dan teknologinya maju secara bersamaan, ini membuat kekuatan Dolar Taiwan semakin membaik.

2. Rupiah Indonesia
Rupiah Indonesia berada di posisi kedua dengan menggalami mengguatan yang cukup siknifikan yaitu 2,34% sepanjang tahun lalu, memang beberapa hal menjadi menarik. 2015 dan 2016 Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo menyampaikan memang merupakan tahun yang sangat sulit, 2017 Rupiah Indonesia akan lebih baik meskipun dalam tahap rikafri. Tapi menariknya perpaduan kebijakan fiskal dan moneter yang di keluarkan oleh Bank Indonesia terbukti ampuh sehingga mampu mempertahankan performa Rupiah, kita menjadi performa terbaik ke dua di Asia dengan penguatan 2,34%.

1. Yen Jepang
Yen Jepang menggalami penguatan sebesar 2,79%, penguatan mata uang Yen Jepang tidak heran karena Jepang merupakan salah satu save heaven ketika ketidakpastian global kemudian goncangan ekonomi global, orang akan memilih atau membeli save heaven. Karena terbukti relatif stabil salah satunya selain save heaven emas adalah Yen Jepang.
Peforma Rupiah Indonesia menggalami kenaikan lebih dari 2%, kita lihat pada bulan januari 2016 kurs rupiah terhadap dolar sekitar 13,943 Rupiah dan pada bulan Januari 2017 kita menggalami penguatan sebesar 13,455 Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat. Sepanjang tahun 2016 diproyeksi rata – rata akan bergerak di level 13,500 Rupiah per Dolar Amerika ini terjadi dalam APBN 2017 itu adalah asumsi makronya.

Sedangkan Yen Jepang terus menggalami pelemahan, sebenarnya sebuah mata uang tersebut tentu tidak baik jika terlalu kuat dan terlalu rendah. Jadi mata uang harus bergerak stabil atau berada di level yang menguntungkan, karena jika mata uang sebuah negara terlalu rendah itu memang akan menguntungkan untuk Import tetapi tidak baik untuk Eksport. Seperti Yen misalnya, jika Yen terus menggalami pelemahan ini memang sesungguh nya baik untuk Eksport tetapi jangan lupa jika pelematan mata uang terlalu dalam ini akan merugikan untuk ekonomi sebuah negara, apalagi sebuah negara tersebut sedang menggalami tahap presesi mereka juga tidak dapat untuk mencapai inflasi 2% yang tidak dapat di raih. Mata uang menjadi salah satu indikator ketahanan ekonomi nasional sebuah negara.