Adu Kuat Di Pilkada Antara Tiga Cagub dan Cawagub DKI Jakarta 2017

Jelang berlangsung nya debat kedua calon gubernur dan calon wakil gubernur DKI Jakarta pada Tanggal 27 january mendatang, sejumlah lembaga survey merilis hasil survey terbaru tingkat keterpilihan 3 pasangan calon. Di antaranya adalah lembaga survey poltracking dana juga grup riset potensial, keduanya sepakat pasangan agud & sylvi unggul dari kedua pasangan calon lainnya.

Inilah bagaimana hasil survey yang di laporkan oleh kedua lembaga survey tersebut :

1. Poltracking
survey elektabilitas dari Cagub dan Cawagub DKI Jakarta menunjukan ini yang di keluarkan oleh Poltracking menunjukan bahwa Agus-Sylvi tingkat elektabilitasnya mencapai 30,81% atau unggul hampir 4% di bandingkan dengan pasangan nomor urut 2 Ahok-Djarot, kemudian untuk Anies-Sandi memperoleh 26,72% atau hanya terpaud 0,13% dari pasangan nomor urut 2 Ahok-Djarot, Dan dalam survey kali ini di temukan sebanyak 15,62% respon dan mengaku belum menentukan pilihan.

2. Grup Riset Potensial
Survey yang di lakukan oleh konsultan pemasaran PT grup riset potensial ( GRP ) yang di lakukan dari 2-7 January 2017, lagi-lagi pasangan Agus-Sylvi memiliki keterpilihan yang paling unggul dibandingkan dengan 2 pasangan calon lain. Agus-Sylvi mendapatkan raihan poin sebanyak 45,0% lebih 20% di bandingankan dengan pasangan lainnya, pasangan Ahok-Djarot mendapatkan kumpulan poin sebanyak 23,3% kemudian pasangan ke 3 Anies-Sandi mendapatkan 23,5% dukungan, sementara respon yang menjawab tidak tau sebesar 8,2%.

PT grup riset potensial menggunakan metode kreatif sistematis sampling dan model statistika regresi multi nomialogit dengan margin of error di bawah 2% di 27 kelurahan di DKI Jakarta. Survey ini di lakukan secara tatap muka menggunakan mobile survey application atau mozaik yang dilengkapi GPS untuk menghindari survey palsu yang di lakukan oleh Enumerator.

Ini artinya, posisi pasangan Agus- Sylvi yang berada di posisi pertama menunjukan bahwa kampanye yang di lakukan mereka bisa di katakan cukup efektif, karena kita ingat survey yang di rilis pada awal Desember tahun lalu. Ollse menempatkan pasangan nomor urut 2 calon petahana di nomor 1 kemudian di susul dengan Agus-Sylvi dana Anis-Sandi, ini semua berubah menjadi nomor urut 1 Agus-Sylvi menempati posisi teratas, dan kita akan lihat nanti bagaimana upaya dan strategi kampanye maupun nanti di saat debat yang akan di gelar oleh KPUD DKI Jakarta sebanyak dua kali sebelum kemudian pada saat pemilihan 15 February mendatang, apakah waktu-waktu ini masih dapat di manfaatkan oleh ketiga pasangan calon untuk terus mendulang suara supaya menjadi yang lebih di unggulkan.

Kontribusi :

Jelang berlangsungnya debat ketiga kandidat Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta pada tanggal 27 January 2017 mendatang, sejumlah lembaga survey memberikan hasil survey terbaru tingkat keterpilihan tiga pasang calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta. Di antaranya lembaga poltracking dan PT grup riset potensial. Keduanya sepakat memberikan hasil dengan pasangan Agus – Sylvi unggul dari kedua calon pasangan lainnya.Selain Agus – Sylvi, Pilkada DKI Jakarta juga melibatkan 2 pasangan calon lainnya yaitu : Ahok – Djarot di nomor urut 2 dan Anies – Sandi di nomor urut ke-3. Dalam survey pasangan Ahok – Djarot dan Anies – Sandi berada di posisi bawah pasangan calon Agus – Sylvi.