7 TEMPAT WISATA DI MEDAN YANG WAJIB ANDA KUNJUNGI

Medan merupakan sebuah kota yang telah menjadi ibu kota dan termaksud kota terbesar di Sumatera. Kota Medan juga menjadi kota yang terbesar di indonesia setelah kota Jakarta dan Surabaya. Selain menjadi kota terbesar bagian tiga di indonesia, Kota ini juga memiliki berbagai macam keindahan dan keunikan wisatanya. Wisata yang di maksud indak dan unik itu baik wisata alam ataupun wisata heritage yang sangat menarik. Inilah 7 Tempat wisata medan yang wajib anda kunjungi!

1. Wisata dan Sejarah Istana Maimun Medan

Istana Maimun, Medan Sumatera Utara

Di Sumatera utara tepatnya di kota medan memiliki Istana yang bernama Maimun yang mewah dan megah yang merupakan salah satu saksi perkembangan islam di indonesia dan Istana Maimun menjadi sejarah dan saksi yang masih kokoh dan berdiri hingga saat ini.

Istana Maimun di design oleh arsitek Italia yang telah di bangun oleh Sultan deli, Alm,Sultan Mahmud Al Rasyid Perkasa Alamsyah. Beliau merupakan putra sulung dari Alm,Sultan Mahmud Perkasa Alam yang merupakan pendiri kota Medan.
Istana yang hampir semua berwarna kuning ini berdiri kokoh hingga saat ini di Tengah Tengah kota medan yaitu Jalan. Brigjend Katamso, Kel Sukaraja, Kec Medan Maimun,medan.

Bila anda berkunjung di Istana Maimun ini anda bisa melihat kisah dan foto masa lalu yang masih ada hingga saat ini seperti: Foto Sultan beserta sejarah yang ada di kerajaan Deli.

Istana Maimun terbuka setiap hari kecuali apabila ada upacara khusus yang diadakan oleh keluar istana.

2. Wisata Masjid Raya Medan

Masjid Raya, Medan Sumatera Utara

Masjid Al Mashun atau lebih dikenal dengan Masjid Raya merupakan salah satu Masjid kebanggan Kota Medan yang dibangun sekitar tahun 1906 dan pada tahun 1909 Masjid yang gaya arsitekturnya mirip dengan khas Timur Tengah, India dan spanyol selesai. Tidak heran apabila butuh waktu 3 tahun untuk menyelesaikan Masjid semegah ini.

Alm, Sultan Mahmud Al Rasyid Perkasa Almamsyah sebagai pemimpin dari Kesultanan Deli yang memulai pembangunan Masjid Raya Al Mashun ini hingga selesai.

Dulunya Masjid Raya ini dirancang oleh arsitek yang berasal dari Belanda Van Erp dan dirinya juga merancang Istana Maimun, Namun sampai setengah jalan Van Erp dipanggil untuk berangkat ke Pulau Jawa oleh pemerintah Hindia Belanda untuk membantu dalam proses pembangunan Candi Borobudur yang berada di Jawa Tengah oleh karena itu kerjaannya kembali di kerjakan oleh Ja Tingdeman. Sebagian besar bangunan yang berada di dalam Masjid Raya ini berasal dari Italia, Jerman, Cina dan langsung dari Perancis.

3. Wisata Rahmat Gallery Medan

Rahmat International Wildlife Museum & Gallery, Medan Sumatera utara

Rahmat International Wildlife Meseum & Gallery merupakan salah satu tempat wisata medan yang cukup unik dan menyeramkan karena hanya dimuseum ini kita dapat melihat berbagai macam hewan yang telah diawetkan.

Meseum dan Gallery ini memiliki koleksi lebih dari 2000 binatang liar yang telah di awetkan dan termaksud koleksi binatang liar yang sangat lengkap. Semua koleksi binatang liar di kumpulkan dari berbagai manca negara dan di atur sesuai dengan habitat habitat aslinya.

Rahmat Museum & Gallery ini dibangun oleh Dr. H. Rahmat Shah pada tahun 1999. Awal pembangunan museum ini tidak terlalu besar. Lalu pada tahun 2007, Museum ini pun diperbesar dengan ukuran mencapai lebih dari 3000 meter persegi dan peresmian Rahmad Mesum dilakukan langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Harga tiket untuk masuk ke area museum ini 50 ribu untuk orang dewasa dan 25 ribu bagi yang memiliki kartu pelajar. Apabila Warga Negara Asing yang masuk ke area museum ini, maka harga yang dikenakan akan cukup mahal hingga mencapai 150 Ribu rupiah.

4. Wisata Misteri Rumah Tjong a Fie

Rumah Tjong A Fie, Medan Sumatera utara

Tjong A Fie dikenal sebagai seoarang saudara kaya yang mempunyai sifat dermawan di kota medan yang memiliki berbagai bisnis yang dimulai dari perkebunan, pabrik minyak kelapa sawit, pabrik gula, bank dan bahkan perusahaan kereta api.

Rumah Tjong a Fie merupakan salah satu Wisata yang penuh misteri dan merupakan salah satu Landmark di kota medan. Rumah Tjong a Fie dijadikan sebagai museum untuk mengenang Jasa Dermawan kaya yang baik hati ini.

Rumah Tjog A fie di bangun olehnya pada rentang waktu antara 1860 ~ 1921. Meskipun usianya sudah 1 abad, bangunan rumah yang terletak di jalan Ahmad Yani.

Biaya masuk Rumah Tjong a Fie pun tidak murah hingga mencapai 50ribu. Dikarenakan Rumah Tjong a Fie ini sekarang di kelola oleh pihak keluarga dan juga biaya untuk perawatan bangunan kuno dengan ukuran yang besar.

5. Wisata Air Terjun Dua Warna

Wisata Air Terjun Dua Warna, Medan Sumatera Utara

Air terjun dwi warna atau biasanya di kenal sebagai Air terjun dua warna ini menjadi salah satu tempat wisata oleh wna asing dan menjadi favorit yang tepatnya berada di kecamatan Sibolangit, medan sumatera utara.

Air terjun dua warna ini telah menjadi salah satu tempat yang paling spektakuler di bumi ini khususnya di bagian Sumatera Utara.

Dengan air terjun yang sangat bening dan juga warna hijau dan biru membuat wisatawan yang baru pertama kali hadir di tempat ini akan merasakan takjub yang sangat luar biasa karena kecantikan air terjun ini.

Apabila anda dari medan, anda butuh waktu 1 ~ 2 jam untuk menuju kabupaten deli serdang .

Air terjun dua warna ini memiliki ketinggian hingga mencapai 75 Meter dan berada di ketinggian 1475 meter dari permukaan laut. Tempat air terjun ini dipisahkan oleh beberapa batuan yang ada di sekitarnya. Air biru cerah membawa kedinginan dan air warna hijau membawa hawa yang hangat. Sampai sekarang, asal usul Air Terjun dua warna ini belum diketahui oleh pihak manapun.

6. Wisata Taman Alam Lumbini

Wisata Taman Alam Lumbini, Medan Sumatera utara

Pagoda Taman Lumbini menjadi salah satu tempat wisata yang berada di jalan Brastagi, kabupaten karo sumatera utara. Taman ini merupakan tempat ibadah untuk umat Buddha, sekaligus dijadikan tempat untuk umum sebagai tempat wisata.

Seperti yang kalian lihat bahwa bangunan Pagoda Taman Lumbini ini keseluruhannya berwarna emas dan Pagoda ini berdiri terlihat kokoh cantik dan megah. Dilokasi wisata ini, kita dapat menemukan beraneka ragam keindahan dengan design khas Myanmmar menjadi bagunan pagoda tertinggi nomor tiga yang ada di dunia dan pagoda sejenisnya berada di Myanmar.

Apabila anda dari medan, Anda akan membutuhkan waktu 2 ~ 3 jam untuk sampai ke tempat Taman Lumbini ini.
Biasanya taman lumbini dijadikan tempat untuk berkreasia bersama keluarga atau perpisahan sekolah sekolah di Medan, Sumatera Utara

7. Wisata Salju Panas Tinggi Raja

Wisata Salju Panas Tinggi Raja, Medan Sumatera utara

Yang terakhir adalah Salju Panas. Salju panas merupakan salah satu tempat wisata yang unik dan wajib anda kunjungi di Sumatera utara, medan. Dikarenakan di Sumatera utara anda baru bisa menikmati sensasi Salju ditambah panas.

Salju Panas ini berada di Kecamatan Silau Kahean, Kabupaten Simalungun. Namun yang janggal adalah untuk pergi ke lokasi ini anda diwajibkan menggunakan sepeda motor dikarenakan akses jalan untuk datang ke tempat ini sangat jelek.

Jarak dari kota medan menunju Salju Panas selama 4 jam perjalan apabila menggunakan kendaraan bermotor.

Salju panas ini juga termaksud Pamukkalenya Indonesia karena sebuah pegunungan sulfur dengan sulfur berwarna putih dan satu lagi berwarna hijau dengan air yang cukup panas berwarna biru yang berada di sekitar sungai. dan juga bukit kapur yang indah dan menawan.

Bagaimana dengan wisata kota medan ? Sangat luar biasa bukan ? dan masih banyak sekali tempat wisata medan yang wajib anda kunjungi. Share artikel ini apabila artikel ini baik untuk anda.